Rabu, 28 September 2011

Khat Riq'ah

 
Khat Riq'ah adalah sejenis khat yang dirancang oleh orang Turki pada zaman pemerintahan Utsmaniyah (850H). Tujuan khat ini dibuat adalah untuk menyeragamkan tulisan dalam semua urusan resmi di kalangan pegawai. Menurut Kamus Bahasa Riqa'ah berarti potongan kertas yang ditulis. Ia berkembang dari khat nasakh dan Thuluth tetapi perkembangannya dalam bentuk yang agak berbeda dari keduanya, ini lebih mudah. Biasanya ditulis dengan ukuran yang kecil. Bentuk alifnya pendek dan tidak kepala (Tarwisah) seperti Thuluth.
 
Khat riq'ah merupakan salah satu khat yang begitu digemari oleh penulis khat ketika zaman Othmaniah dan melalui banyak perbaikan oleh Shaikh Hamdullah al-Amas i. Kemudian setelah itu terjadi lagi beberapa perubahan oleh penulis khat lain sampai ia menjadi populer, digemari dan paling banyak digunakan. Di hari ini, riq'ah adalah pilihan tulisan tangan oleh Masyarakat arab
 
Fitur-fitur tulisan ini adalah bentuk hurufnya berukuran kecil, lebih cepat dan mudah ditulis, jika dibandingkan dengan khat nasakh. Penggunaan khat ini dalam masyarakat kita berfokus pada penulisan catatan dan tulisan. Beberapa langkah telah diambil untuk membuat khat ini dapat dipelajari oleh murid-murid sekolah dan dapat digunakan dalam urusan harian seperti urusan surat menyurat, urusan bisnis, iklan dan promosi barang dan dijadikan judul-judul besar dalam koran.

Bentuk Huruf Khat Riq'ah :
khat-riq'ah

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes